sumber : dindun45 |
Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah tips dan juga cara biar motor kita infinit materi bakar tetapi bertenaga , dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah tips cara merawat motor jenis matic. Untuk anda yang mempunyai motor berjenis matic , pastinya tidak mau motornya rusak sewaktu - waktu sebab kesalahan anda sendiri , pada dasarnya ketika kita mempunyai sebuah motor atau juga ketika berencana akan membeli sebuah motor ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu seluk beluk motor dari mesin hingga dari luarnya , walaupun pengertahuan kita tidak terlalu luas dalam hal sepeda motor. Seperti halnya motor matic yang rentan macet atau juga mogok , kalau kita mengetahui seluk beluk motor , kita jug mampu menghemat uang , sebab tidak perlu rutin pulang pergi ke deler untuk menservice motor kita. Karena hal yang mudah ibarat mengganti oli pada mesin motor , pada dasarnya anda mampu melakukannya dengan sendiri , jikalau anda mempunyai alat - alatnya.
Motor matic sendiri untuk perawatannya tidak berbeda jauh dengan motor - motor biasa , ibarat halnya mesin atau juga beberapa kerangka luarnya , akan tetapi untuk suku cadang terang berbeda dengan motor - motor biasa , jikalau adegan motor anda ada yang rusak ibarat patah atau yang lainnya. Apalagi motor - motor jenis sekarang sudah di beri sistem komputer ibarat injeksi , motor tipe ini tidak mampu kita perlakukan sama dengan model atau tipe motor pada biasanya , dan jarang sekali orang yang sudah memahami jenis mesin atau seluk beluknya dari motor injeksi , dan ada baiknya anda mampu membawa motor injeksi adna ke deler jikalau motor anda mogok mendadak. Nah di bawah ini ada beberapa tips untuk merawat yang baik , yang mampu anda lakukan unutk motor anda khsusu jenis matic
1. Panaskan Sebelum Menggunakan
Untuk tips yang pertama , mugkin anda sudah banyak melakukannya pada motor matic anda , akan tetapi untuk anda wanita yang mempunyai motor matic pastinya sering terburu - buru dan eksklusif saja menstatrt motor anda dan eksklusif tancap gas. Keseharian tersebut mampu membuat mesin motor anda berumur pendek , ada baiknya anda membiarkan terlebih dahulu selama 5-10 menit lalu , biarkan mesin motor anda panas , dan setelah itu anda mampu eksklusif menggunakannnya , dengan begitu mesin motor anda pun mampu infinit dan secara tidak eksklusif mesin motor anda pun sudah terawat dengan baik.
2. Mengubah Mendadak Kecepatan
Ketika di jalan , khususnya motor matic jangan terlalu bermain dengan pedal gas , sebab hal tersebut mampu membuat mesin motor anda cepat panas , dan juga mampu memboroskan materi bakar motor anda. Ada baiknya ketika anda akan merem motor anda ulurkan tali gas motor anda secara perlahan jangan di hentakan , dan tarik pedal rema anda secara perahal. Selain cepat panas dan juga boros materi bakar , kebiasaan buruk pada motor matic mampu memicu mesin motor menjadi rusak.
3. Rutin Ganti Oli
Untuk anda yang sering menggunakan motor matic anda dengan kecepatan yang cukup cepat dan jarak tempuh yang lumayan jauh , perhatikanlah oli mesin anda , sebab dengan jarak yang cukup jauh mesin dari motor matic anda harus tetap halus ketika tabrakan terjadi sehingga mampu menghasilkan tenaga yang maksimal dan tidak membuang materi bakar mejadi sia - sia. Anda mampu membawa ke deler jikalau anda tidak mampu mengganti oli , dan pilihlah oli yang khusus untuk motor matic.
4. Periksa Kondis Aki dan Busi
Periksalah dua adegan dari motor matic ini , sebab peranannya sangat penting bagi kelangsungan motor anda pada ketika dijalnkan , terutama untuk busi , beberapa orang sering lupa untuk mencek kondisi busi apakah sudah kotor atau masih baik. Karena busi memiliki perananan penting , sebab pada ketika di nyalakan peranan busi yaitu menyalakan sistem untuk menyedot bensin untuk menyemprotkan ke mesin biar mampu berjalan dengan baik. Sedangkan untuk Aki sendiri sebelumya tidak perlu di khawatirkan sebab aki memiliki hidup yang cukup lama , akan tetapi jikalau sudah mati cepat - cepatlah untuk menggnatinya sebab pada ketika sekarang kendaraan beroda dua harus menyalakan lampu motornya.
5. Cek Selalu Ruang Transmisi
Ruang transmisi sering sekali kedapatan banyak bubuk di dalamnya , jadi ada baiknya anda memeriksa ruang transmisi dan mengganti Oli Shockbreaker , ketika di dalam ruang transmisi usahkan anda mengecek dan perhatikan , biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan bubuk , usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km. Berikutnya mengganti oli shockbreaker setiap motor mactic Anda mencapai 10000 KM , dengan cara ini membuat motor matic anda nyaman ketika dipakai dan mesinnya awet.
6. Selalu Cek Roler dan Ventbelt
Seperti yang anda ketahui jikalau di motor biasa yang bergigi kita mengenal adanya rantai penghubungan antara mesin dan roda , sedangkan untuk di motor matic rantai tersebut di ganti dengan Roler dan Ventbelt. Sama halnya dengan rantai pada motor biasa anda harus cek sesekali apakah Roler dan Ventbelt di motor matic anda harus di ganti atau tidak. Salah satu indikasi bahwa Roler dan Ventbelt harus di ganti yaitu motor matc menjadi agak berat walaupun kondisinya stabil ibarat tekanan ban yang pas dan mesin yang ok , namun tetap saja agak terasa berat. Atau anda mampu menanyakan eksklusif kepada tukan servis ketika motor matic anda sedang di sevis.
7. Hindari Bensin Kosong
Bagi anda yang memiliki kebiasaan membiarkan tangki bensin di dalam motor hingga kosong mungkin motor matic anda yang selalu mogok mampu jadi dari faktor tersebut. Karena pada dasarnya selalu membiarkan tangki bensin hingga keadaan kosong mampu merusak mesin dalam jangka panjangnya oleh sebab itu usahakan untuk selalu mengecek tanda di spedometer motor anda jikalau jarum jamnya sudah menerangkan ke arah yang merah.
6. Selalu Cek Roler dan Ventbelt
Seperti yang anda ketahui jikalau di motor biasa yang bergigi kita mengenal adanya rantai penghubungan antara mesin dan roda , sedangkan untuk di motor matic rantai tersebut di ganti dengan Roler dan Ventbelt. Sama halnya dengan rantai pada motor biasa anda harus cek sesekali apakah Roler dan Ventbelt di motor matic anda harus di ganti atau tidak. Salah satu indikasi bahwa Roler dan Ventbelt harus di ganti yaitu motor matc menjadi agak berat walaupun kondisinya stabil ibarat tekanan ban yang pas dan mesin yang ok , namun tetap saja agak terasa berat. Atau anda mampu menanyakan eksklusif kepada tukan servis ketika motor matic anda sedang di sevis.
7. Hindari Bensin Kosong
Bagi anda yang memiliki kebiasaan membiarkan tangki bensin di dalam motor hingga kosong mungkin motor matic anda yang selalu mogok mampu jadi dari faktor tersebut. Karena pada dasarnya selalu membiarkan tangki bensin hingga keadaan kosong mampu merusak mesin dalam jangka panjangnya oleh sebab itu usahakan untuk selalu mengecek tanda di spedometer motor anda jikalau jarum jamnya sudah menerangkan ke arah yang merah.
8. Selalu Periksa ECU
ECU atau singkatannya Electronic Control Unit yaitu sebuah adegan dari mesin injeksi di dalam motor matic yang dimana mempunyai peran untuk mengoperasikan sistem injektor pada motor , oleh sebab itu jikalau adegan ECU ini anda biarkan dan mampu saja rusak maka siap - siap motor matic anda akan mogok. Oleh sebab itu pada ketika di bawa ke kawasan service untuk di service secara rutin usahakan untuk anda meminta pada montirnya biar mencek apakah ECU pada motor anda berjalan dengan baik atau sebaliknya , tips yang satu ini sangat penting sekali bagi anda yang sering berpergian jauh biar tidak mogok di tengah jalan.
9. Periksa V-Belt dan Roller
Selanjutnya untuk anda yang memiliki jenis motor matic injeksi ada baiknya anda memeriksa v-belt dan juga roller , walaupun biasanya tidak serutin memeriksa oli namun dua item pada adegan bawah ini sangatlah penting , tentunya anda tidak mau ketika diperjalanan adegan v-belt putus akhir sudah berumur. V-blet dan roller ibarat yang sudah dikatakan tadi ada pada adegan bawah tepatnya dibagian bawah jok belakang , untuk membukannya pun mungkin mampu dikatakan cukup sulit sebab anda membutuhkan kunci yang sesuai untuk membuka body yang melapisi v-belt dan juga roller. Namun jikalau anda selalu rajin membawa motor anda ke kawasan service anda mampu menanyakan ke pegawai service untuk membuka dan juga memeriksa adegan tersebut apakah masih layak atau harus diganti.
10. Periksa Shockbreaker
Bagian yang satu ini mungkin jarang sekali diperiksa oleh kebanyakan pengguna motor matic , shockbreaker juga pada dasarnya yaitu adegan yang cukup sentral pada motor matic terutama pada ketika rusak. Seperti yang kita ketahui shockbreaker pada motor matic hanya ada satu maka dari itu mungkin kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan adegan ini. Untuk cara perawatannya pun cukup mudah anda tinggal periksa oli pada shockbreaker apakah masih ada ataukah harus diganti , bersama-sama ada tawaran untuk mengganti shockbreker yaitu setiap 10.000 km pemakain.
Mungkin itu tadi beberapa tips yang mampu saya berikan kepada anda untuk menjaga performa motor matic anda dan cara baik untuk merawat motor berjenis matic , untuk anda yang suka dengan berguru sendiri , maksudnya selalu mencoba dengan sendiri mugkin anda tips diatas mampu bermafaat untuk anda yang akan memulai menggunakan motor matic , dan untuk anda yang tidak mau repot dengan motor matic anda. Anda mampu membawa motor matic anda ke deler untuk di service dan juga biasanya di ganti oli jikalau oli motor anda sudah kotor. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
No comments:
Write komentar